Ahok Marah Besar Segel Pulau D & Jatuhkan Denda, Ini Lantarannya

ISLAMNKRI.COM - Salah satu pulau dari 17 pulau reklamasi di utara pantai Jakarta, pulau D telah berani melakukan jual beli properti. Pad...



ISLAMNKRI.COM- Salah satu pulau dari 17 pulau reklamasi di utara pantai Jakarta, pulau D telah berani melakukan jual beli properti. Padahal landasan aturan untuk memberikan izin mendirikan bangunan (IMB) belum keluar, Raperda Tata Ruang Kawasan Strategis Pantai Utara Jakarta dan Raperda Zonasi Wilayah Pesisir dan Pulau-pulau Kecil (ZWP3K).

Deputi Tata Ruang dan Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Oswar Muadzin menjelaskan, belum ada acuan untuk mendirikan bangunan membuat pengembang tidak bisa membangun. Dengan tidak ada izin, maka ilegal hukumnya melakukan jual beli.

"Lebih kurang ajar lagi mereka udah menjual yang D. C-D nyambung, katanya sih lebih mudah disambungin dulu nanti baru dipisah. Katanya, enggak tahu juga. Jangan-jangan akal-akalan juga," katanya di Balai Kota DKI Jakarta, Rabu (13/4/16).

Menurutnya, PT Kapuk Naga Indah anak perusahaan Agung Sedayu Group selaku pengelola pulau dapat dijerat hukum selama 5 tahun. Pasalnya melakukan perubahan desain yang bertentangan dengan tata ruang merupakan pelanggaran berat.

"Itu pelanggaran tata ruang kalau benar, dendanya gede banget, bisa dihukum 5 tahun orangnya," tegasnya.

Sudah adanya beberapa bangunan yang berdiri di atas pulau tersebut, maka Pemprov DKI Jakarta menyegel bangunan tersebut. Walaupun melanggar aturan, Oswar mengaku, tidak bisa merubuhkan bangunan tersebut lantaran tidak adanya landasan hukum kuat.

"Karena kami belum tahu taman di mana, rumah di mana. Jadi nanti orang mengatakan, jangan-jangan raperdanya mengikuti maunya swasta, buktinya berani bangun. Pasti punya dia yang dicontek sama Pemda," tutupnya.

Reaksi Keras Ahok

Ditemui di Balai Kota DKI, Jakarta, Rabu (13/4/2016), Ahok mengatakan, belum ada Izin Mendirikan Bangunan (IMB) yang diberikan pada pengembang di 17 pulau. Penyebabnya, Perda Zonasi dan Tata Ruang terkait reklamasi belum disahkan.

Sejauh ini, memang ada pengembang yang sudah terdeteksi mendirikan bangunan di pulau reklamasi. Pemprov DKI pun sudah melakukan penyegelan dan menjatuhkan denda.

"Kalau kamu membangun sesuatu tanpa IMB, sekarang tanpa wilayah yang benar, tanah kamu benar, sudah ada hitungan persen dendanya. Kalau kamu membangun di jalur yang salah, ya kita bongkar. Begitu saja," kata Ahok.

Ahok memastikan, tidak ada pembongkaran di area reklamasi karena pihaknya masih menjatuhkan sebatas denda dan penyegelan.

Menanggapi salah satu pulau bernama Golf Island yang sudah dijual bebas, Ahok menduga itu dilakukan dengan cara-cara 'bawah tangan'. Tidak mungkin ada surat resmi kepemilikan lahan yang bisa diperjualbelikan sebelum ada penentuan Nilai Jual Objek Pajak (NJOP).

"Kalau dalam Undang-undang Notaris PPAT, urusan jual beli itu baru bisa dilakukan kalau Anda melunasi PBB (Pajak Bumi dan Bangunan). PBB baru ada kalau sudah ada penentuan nilai NJOP," tegasnya.

"Jadi siapa pun yang membeli pulau atas nama itu, pasti tidak melalui notaris pejabat pembuat akta tanah," sambungnya.

Meski begitu, Ahok tidak bisa campur tangan urusan jual beli ini. Menurutnya, itu adalah urusan pembeli dengan pengembang. Pembeli seharusnya kritis dengan barang yang hendak dibelinya, apalagi di kawasan yang belum memiliki izin mendirikan bangunan.

"Ya enggak ada sanksi. Itu yang beli saja, bisa digugat dari pembeli. Iya kan? Misal kamu menjual mobil kamu tanpa balik nama. Enggak salah. Yang beli saja yang bodoh," cetusnya.

sumber: detik.com & merdeka.com


Name

air asia,1,Aqidah,4,Berita,2903,Berita Pilihan,11,Break,5,Figur,3,Figure,89,Fiqih,14,Gallery,6,Harokah,2,HUMOR,1,Internasional,520,Kajian Islam,14,Kalam Salaf,1,KHILAFAH,12,Kisah,2,Kisah Hikmah,1,Kisah Wali,1,Link,1,LINTAS MADZAB,3,Manaqib Ulama,3,MUALAF,5,Muslimah,3,Nasional,8444,News,84,ngeluh,1,OPINI,451,RADIKALISME,21,Science,1,Sejarah,33,syahrini,1,TANYA JAWAB AGAMA,1,Tekno,1,Terbaru,277,TEROSISME,72,Tokoh,2,Toleran,71,Toleransi,2,Video,105,Wawasan Kebangsaan,37,WISDOM,13,
ltr
item
BERANINEWS.COM: Ahok Marah Besar Segel Pulau D & Jatuhkan Denda, Ini Lantarannya
Ahok Marah Besar Segel Pulau D & Jatuhkan Denda, Ini Lantarannya
http://farm2.staticflickr.com/1551/26313638732_6fc07048d9_b.jpg
BERANINEWS.COM
http://www.beraninews.com/2016/04/Ahok-Marah-Besar-Segel-Pulau-D-Jatuhkan-Denda-Ini-Lantarannya.html
http://www.beraninews.com/
http://www.beraninews.com/
http://www.beraninews.com/2016/04/Ahok-Marah-Besar-Segel-Pulau-D-Jatuhkan-Denda-Ini-Lantarannya.html
true
2989197615663516469
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy