Ahok Bongkar Praktek Culas PNS Buat Kuburan Palsu di TPU, Begini Modusnya

Ilustrasi: Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama di makam ibu angkatnya.  (Fajar GM) ISLAMNKRI.COM - Gubernur DKI Jakarta, Basu...

Ilustrasi: Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama di makam ibu angkatnya. (Fajar GM)


ISLAMNKRI.COM- Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama mengungkap, cara licik oknum Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang bertugas di Tempat Pemakaman Umum (TPU) di Jakarta untuk mendapatkan uang sogok.

Basuki atau akrab disapa Ahok mengungkapkan, di sebuah TPU, oknum licik biasanya membuat kuburan fiktif. Di sebuah TPU kerap ada satu petak tanah yang sudah dipasangi batu nisan, meskipun di dalam kuburan itu tidak terdapat jenazah manusia.

"Banyak sekali makam yang fiktif-fiktif. 'Dicup' dulu tahu enggak," ujar Ahok di Balai Kota DKI, Kamis, 9 Juni 2016.

Biasanya menurut Ahok, oknum pegawai TPU DKI itu, sengaja membuat kuburan fiktif alias kuburan bohongan, agar bisa memberikan alasan pada orang yang membutuhkan lahan makam kosong di TPU untuk memakamkan jenazah, bahwa lahan TPU sudah penuh.

Tapi, jika warga yang membutuhkan lahan pemakaman berkenan membayar. Maka, oknum itu akan memberikan kuburan fiktif buatan mereka untuk pemakaman jenazah. "Kalau ada yang nyogok, ditaruh (jenazah)," ujar Ahok.

Ahok menyebut hal itu sebagai masalah yang belum mampu diselesaikan Kepala Dinas Pertamanan dan Pemakaman DKI Ratna Diah Kurniati. Ratna, saat ini ditugasi membuat sebuah sistem teknologi informasi yang membuat sebuah petak tanah makam bisa dipastikan memang diisi dengan jenazah yang namanya sama dengan yang tertera di batu nisan.

"Kita sekarang mau petakan. Nanti kelihatan, siapa yang minta (memesan lahan makam). Kita juga lagi pikirkan, bagaimana cara membaca (mengidentifikasi jenazah di tiap makam)," ujar Ahok.

Ada Kuburan Bohongan di TPU, Ratna Terancam Dipecat Ahok

Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok mengatakan, tidak menutup kemungkinan nasib Kepala Dinas Pertamanan dan Pemakaman DKI, Ratna Diah Kurniati sama seperti pendahulunya, Nandar Sunandar.

Ahok mengatakan, Ratna bisa saja dicopot jika tidak mampu membenahi masalah kinerja pegawai di Taman Pemakaman Umum (TPU). "Dievaluasi mungkin juga," ujar Ahok

Menurut Ahok, banyak masalah yang belum dibenahi Ratna sejak dilantik menggantikaan Nandar. Terutama terkait praktik sogok lahan pemakaman umum di TPU yang dikelola Pemerintah Provinsi DKI.

Salah satu tugas yang harus diselesaikan Ratna  membuat sebuah sistem teknologi informasi agar sebuah petak tanah makam bisa dipastikan memang diisi dengan jenazah yang namanya sama dengan yang tertera di batu nisan.

"Kita sekarang mau petakan. Nanti kelihatan, siapa yang minta (memesan lahan makam). Kita juga lagi pikirkan, bagaimana cara membaca (mengidentifikasi jenazah di tiap makam)," ujar Ahok.

Tugas itu dituntut harus diselesaikan Ratna. Karena Ahok menduga ada praktik kuburan fiktif alias bohongan yang  bergulir di TPU-TPU yang ada di Jakarta.

sumber: viva.co.id


Name

air asia,1,Aqidah,4,Berita,3319,Berita Pilihan,11,Break,5,Figur,3,Figure,89,Fiqih,14,Gallery,6,Harokah,2,HUMOR,1,Internasional,530,Kajian Islam,14,Kalam Salaf,1,KHILAFAH,12,Kisah,2,Kisah Hikmah,1,Kisah Wali,1,Link,1,LINTAS MADZAB,3,Manaqib Ulama,3,MUALAF,5,Muslimah,3,Nasional,8897,News,130,ngeluh,1,OPINI,454,RADIKALISME,21,Science,1,Sejarah,33,syahrini,1,TANYA JAWAB AGAMA,1,Tekno,2,Terbaru,277,TEROSISME,72,Tokoh,2,Toleran,71,Toleransi,2,Video,105,Wawasan Kebangsaan,37,WISDOM,13,
ltr
item
BERANINEWS.COM: Ahok Bongkar Praktek Culas PNS Buat Kuburan Palsu di TPU, Begini Modusnya
Ahok Bongkar Praktek Culas PNS Buat Kuburan Palsu di TPU, Begini Modusnya
http://farm8.staticflickr.com/7568/26952683583_b8daa61c3f_b.jpg
BERANINEWS.COM
http://www.beraninews.com/2016/06/Ahok-Bongkar-Praktek-Culas-PNS-Buat-Kuburan-Palsu-di-TPU-Begini-Modusnya.html
http://www.beraninews.com/
http://www.beraninews.com/
http://www.beraninews.com/2016/06/Ahok-Bongkar-Praktek-Culas-PNS-Buat-Kuburan-Palsu-di-TPU-Begini-Modusnya.html
true
2989197615663516469
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy