Begini Ungkapan Komnas HAM Kepada Pak Ahok Soal Derita Warga Setelah Kalijodo Digusur

Foto: Lamhot Aritonang ISLAMNKRI.COM -  Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) membeberkan sejumlah persoalan yang tersisa usai...

Foto: Lamhot Aritonang

ISLAMNKRI.COM - Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) membeberkan sejumlah persoalan yang tersisa usai penertiban kawasan Kalijodo, Penjaringan, Jakarta Utara. Persoalan itu merupakan aduan yang disampaikan sejumlah perwakilan warga kepada Komnas HAM.

Ketua Tim Pemantauan dan Penyelidikan Peristiwa Penggusuran Kalijodo Hafid Abbas mengungkapkan melalui pernyataan tertulis yang diterima detikcom, Kamis (25/8/2016), sedikitnya ada 6 permasalahan yang paling mendesak yang dikeluhkan warga. Mulai dari penyediaan tempat tinggal warga yang digusur hingga alokasi anggaran untuk penggusuran dan penataan kembali kawasan yang bersumber dari CSR pihak swasta. Warga mengadu pada Rabu (24/8/16).

Permasalahan pertama, sebanyak 6.027 kepala keluarga yang terkena imbas penggusuran Kalijodo, hanya 200 KK yang sudah tertampung di Rusun Marunda. Sementara sisanya, menurut warga, terpaksa mengontrak rumah-rumah petak di kawasan Gang Seruni, bahkan beberapa harus tinggal di kolong jembatan.

Warga juga menyebutkan, sebagian masyarakat yang tinggal di Rusun Marunda memilih pergi karena merasa keberatan dengan biaya retribusi sebesar Rp 300 ribu perbulan. Saat ini sudah terdapat 14 KK yang terpaksa keluar dari rusun, karena tidak mampu membayar biaya retribusi tersebut.

Permasalahan kedua, berdasarkan pengaduan yang disampaikan, akibat penggusuran PAUD Seruni Indah, terdapat 135 anak telah kehilangan haknya atas pendidikan. PAUD yang telah didirikan secara swadaya oleh masyarakat Kalijodo itu, ternyata tidak tergantikan oleh Pemprov DKI Jakarta. Pengabaian hak anak untuk memperoleh pendidikan sungguh satu pelanggaran hak asasi manusia yang amat bertentangan dengan amanat konstitusi.

Masalah lainnya, warga Kalijodo disebut belum menerima kompensasi pembayaran listrik dan air hingga hari ini sebagaimana yang telah dijanjikan. Pemprov DKI Jakarta telah menjanjikan bahwa warga akan menerima dana pembayaran listrik dan air sebesar Rp 3 juta per-KK. Akan tetapi, hingga hari ini janji Pemprov DKI Jakarta tersebut tidak juga dipenuhi.

Masyarakat juga mengeluhkan hilangnya mata pencaharian warga akibat penggusuran situs budaya, yaitu Pabrik Bihun dan Pabrik Besi Baut yang telah berusia ratusan tahun. Selain sebagai sumber pendapatan warga, bangunan ini juga menyimpan nilai historis. Kompensasi dari penghancuran sejumlah rumah ibadah dan alokasi dana CSR oleh swasta juga diklaim belum dirasakan warga.

"Atas laporan itu, Komnas HAM menyesalkan apa yang dialami masyarakat. Penggusuran yang dilakukan oleh Pemprov DKI Jakarta merupakan kebijakan yang tergesa-gesa tanpa lebih jauh melihat dan mengantisipasi dampak yang dapat ditimbulkan," tutup Hafid.

sumber: detik.com


Name

air asia,1,Aqidah,4,Berita,3302,Berita Pilihan,11,Break,5,Figur,3,Figure,89,Fiqih,14,Gallery,6,Harokah,2,HUMOR,1,Internasional,529,Kajian Islam,14,Kalam Salaf,1,KHILAFAH,12,Kisah,2,Kisah Hikmah,1,Kisah Wali,1,Link,1,LINTAS MADZAB,3,Manaqib Ulama,3,MUALAF,5,Muslimah,3,Nasional,8880,News,130,ngeluh,1,OPINI,453,RADIKALISME,21,Science,1,Sejarah,33,syahrini,1,TANYA JAWAB AGAMA,1,Tekno,2,Terbaru,277,TEROSISME,72,Tokoh,2,Toleran,71,Toleransi,2,Video,105,Wawasan Kebangsaan,37,WISDOM,13,
ltr
item
BERANINEWS.COM: Begini Ungkapan Komnas HAM Kepada Pak Ahok Soal Derita Warga Setelah Kalijodo Digusur
Begini Ungkapan Komnas HAM Kepada Pak Ahok Soal Derita Warga Setelah Kalijodo Digusur
http://farm8.staticflickr.com/7788/28934329370_8e8324e338_b.jpg
BERANINEWS.COM
http://www.beraninews.com/2016/08/Begini-Ungkapan-Komnas-HAM-Kepada-Pak-Ahok-Soal-Derita-Warga-Setelah-Kalijodo-Digusur.html
http://www.beraninews.com/
http://www.beraninews.com/
http://www.beraninews.com/2016/08/Begini-Ungkapan-Komnas-HAM-Kepada-Pak-Ahok-Soal-Derita-Warga-Setelah-Kalijodo-Digusur.html
true
2989197615663516469
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy