Lembaga Ini Terbentuk, Kewenangan MUI Keluarkan Sertifikat Produk Halal Akan Segera Dicabut

SPIRITNKRI.COM -  Setelah Kurang lebih 27 tahun Sertifikat Produk Halal dikeluarkan oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI) melalui LPPOM, ke...



SPIRITNKRI.COM - Setelah Kurang lebih 27 tahun Sertifikat Produk Halal dikeluarkan oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI) melalui LPPOM, kewenangan sertifikasi tersebut akan segera beralih ke Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH).

Adanya BPJPH ini merupakan tindak lanjut dari UU no. 33 tahun 2014 mengenai Jaminan Produk Halal. Didalam UU yang lahir seminggu sebelum pelantikan Jokowi tersebut, terdapat amanah pembentukan BPJPH sebagai badan penyelenggara jaminan produk halal.

Sekertaris Jenderal Kementerian Agama Nur Syam mengungkapkan, struktur BPJPH akan selesai tahun depan.

Untuk saat ini, kata dia, Kementerian Agama RI selaku kementerian pelaksana UU JPH kini sedang melaksanakan proses seleksi para pejabat yang mengisi BPJPH.

“Saat ini sedang proses pengisian pejabat di Struktur BPJPH setingkat Eselon I yang akan dipimpin seorang Kepala Badan dengan empat pejabat Eselon II, yaitu satu Sekretaris Badan dan tiga Kepala Pusat. Prosesnya sendiri dimulai sejak Januari 2017. Mudah-mudahan pada bulan Maret sudah selesai terisi semua struktur,” kata Nur Syam saat menyampaikan seminar nasional di Gedung Muhammadiyah, Jakarta, Selasa (1/11/16) siang.

Penandatanganan

Sebagaimana diketahui BPJPH telah terbentuk dan masuk ke dalam struktur di Kementerian Agama (Kemenag) RI, setelah Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin menandatangani Peraturan Menteri Agama (PMA) No 42 Tahun 2016 tentang Organisasi Tata Kerja (Ortaker) Kemenag, 10 Oktober 2016.

Tugas dari BPJPH adalah menyusun kebijakan teknis, rencana dan program di bidang penyelenggaraan jaminan produk halal (PJPPH) serta pelaksanaanya, pemantauan, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan dibidang PJPH, pengawasan, dan administrasi.

“Ini secara struktural sudah tidak ada kendala lagi mengenai keberadaan BPJPH. Sudah tidak ada alasan lagi untuk mengatakan bahwa kementerian menghambat atau tidak serius menangani persoalan struktur baru ini,” demikian penegasan Sekjen Kemenag Nursyam saat dikonfirmasi mengenai perkembangan pembentukan BPJPH, Jumat (21/10/16).

Menurut Nursyam, dengan terbitnya PMA tentang Ortaker ini, maka tugas Kemenag berikutnya adalah melakukan pengisian jabatan. Struktur BPJPH sendiri nantinya setingkat Eselon I yang akan dipimpin oleh seorang Kepala Badan dengan empat pejabat Eselon II, yaitu: 1 Sekretaris Badan dan 3 Kepala Pusat.

“Pansel pengisian jabatan segera akan dibikin, terutama untuk eselon II karena pansel jabatan eselon I sudah ada. Tinggal kita bentuk pansel jabatan eselon II, III, dan seterusnya,” kata Nursyam.

“Dalam hitungan kasar, pada tahun 2017, sejauh-jauhnya bulan April atau bahkan Maret, struktur ini sudah akan terisi dari eselon I IV sesuai ortaker yang baru. Ini sedang kita siapkan,” tambahnya.

Siapa yang akan menjadi aparatur BPJPH? Nursyam mengatakan bahwa jabatan fungsional dan struktural pada BPJPH bisa diisi dari mana saja, terutama aparatur yang selama ini telah mengabdikan diri terhadap upaya mengenai jaminan produk halal.

Terkait anggaran, Nursyam menjelaskan kalau hal itu juga sedang disiapkan. Dikatakan mantan Dirjen Pendidikan Islam ini, BPJH akan menggunakan anggaran yang sebelumnya sudah disiapkan pada struktur lama yang berada di Ditjen Bimas Islam. “Selain itu, kita siapkan juga anggaran di Setjen untuk kebutuhan operasional dari struktur baru ini,” terangnya.

Selain BPJPH, PMA 42/2016 ini juga mengatur tentang penambahan beberapa Eselon II lainnya, yaitu: Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan, dan Direktorat Kurikulum, Kelembagaan, Sarana, dan Kesiswaan pada Ditjen Pendidikan Islam. Keduanya merupakan pemekaran dari Direktorat Pendidikan Madrasah.

Struktur lain yang dimekarkan adalah Direktorat Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Ditjen Bimas Islam. Satuan kerja ini dimekarkan menjadi Direktorat Urusan Agama Islam (Urais) serta Direktorat KUA dan Keluarga Sakinah. Sementara Direktorat Zakat dan Direktorat Wakaf digabung menjadi satu direktorat dengan nama Direktorat Zakat dan Wakaf.

Pada Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah juga ada penambahan 1 Eselon II, yaitu Direktorat Umrah dan Haji Khusus. Perubahan yang sama juga terjadi di Sekretariat Jenderal, ada penambagan 1 Pusat di bawah koordinasi Sekjen, yaitu Pusat Bimbingan dan Pendidikan Khonghuchu. Sedangkan nomenklatur Pusat Informasi dan Humas berubah menjadi Biro Humas, Data, dan Informasi.

“Kita bersyukur karena upaya-upaya yang dilakukan oleh Kemenag dalam struktur yang baru sudah ditandatangani oleh Pak Menteri Agama dan organisasi tata kelolanya,” kata Nur Syam.

Dia mengaku bahwa pembahasan rumusan Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) Jaminan Produk Halal berjalan alot. Menurutnya, RPP disusun dengan cermat dan hati-hati agar jangan sampai PP yang disahkan justru tidak bisa diimplementasikan karena problem-problem di lapangan yang tidak tercover di dalamnya.

“Kita harus hati-hati, harus prudent betul, jangan sampai peraturan yang kita bikin itu tidak bisa kita aplikasikan atau menjerat kita sendiri sehingga ada banyak tuntutan dan seterusnya,” tegasnya.

Meski demikian, ia berkomitmen untuk segera menyelesaikan draft RPP JPH ini supaya bisa segera dikirimkan ke Menkumham untuk dilakukan harmonisasi.

Peran MUI selanjutnya

Meski ada peralihan, namun tidak serta merta kewenangan ini menghilangkan peran MUI dalam hal pengawasan produk Halal. Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Dirjen Bimas Islam Kemenag RI, H. M. Tambrin, saat menjadi narasumber dalam Workshop Jurnalistik Tenaga Kehumasan Kemenag RI, di Jl. Lapangan Banteng Jakarta, Kamis (10/11), mengungkapkan bahwa dengan berjalannya BPJPH, tidak menghilangkan peran LPPOM MUI. Lembaga tersebut akan berstatus sebagai Lembaga Pemeriksa Halal (LPH), yaitu lembaga yang melakukan kegiatan pemeriksaan dan/atau pengujian terhadap kehalalan Produk.

LPH dapat diselenggarakan oleh swasta dengan ketentuan yang berlaku. Sedangkan sertifikat produk halal yang telah dikeluarkan oleh MUI masih berlaku sampai batas berlakunya berakhir.

H.M. Tambrin mengaku bahwa dirinya telah melakukan koordinasi dengan Ketua MUI, KH. Maruf Amin, terkait implementasi BPJPH. Menurutnya MUI siap membantu dan bekerjasama dalam penyelenggaraan BPJPH. Kerjasama yang dapat dilakukan antara MUI dan BPJPH sebagaimana yang diatur dalam Undang-undang tersebut meliputi sertifikasi Auditor Halal, penetapan kehalalan Produk, dan akreditasi LPH.

sumber : (jabar.kemenag.go.id, kemenag.go.id, mirajnews.com) Via jurnalindonesia.id


Name

air asia,1,Aqidah,4,Berita,3305,Berita Pilihan,11,Break,5,Figur,3,Figure,89,Fiqih,14,Gallery,6,Harokah,2,HUMOR,1,Internasional,529,Kajian Islam,14,Kalam Salaf,1,KHILAFAH,12,Kisah,2,Kisah Hikmah,1,Kisah Wali,1,Link,1,LINTAS MADZAB,3,Manaqib Ulama,3,MUALAF,5,Muslimah,3,Nasional,8883,News,130,ngeluh,1,OPINI,453,RADIKALISME,21,Science,1,Sejarah,33,syahrini,1,TANYA JAWAB AGAMA,1,Tekno,2,Terbaru,277,TEROSISME,72,Tokoh,2,Toleran,71,Toleransi,2,Video,105,Wawasan Kebangsaan,37,WISDOM,13,
ltr
item
BERANINEWS.COM: Lembaga Ini Terbentuk, Kewenangan MUI Keluarkan Sertifikat Produk Halal Akan Segera Dicabut
Lembaga Ini Terbentuk, Kewenangan MUI Keluarkan Sertifikat Produk Halal Akan Segera Dicabut
http://farm6.staticflickr.com/5802/31111806305_fb786b7bd1_b.jpg
BERANINEWS.COM
http://www.beraninews.com/2016/11/Lembaga-Ini-Terbentuk-Kewenangan-MUI-Keluarkan-Sertifikat-Produk-Halal-Akan-Segera-Dicabut.html
http://www.beraninews.com/
http://www.beraninews.com/
http://www.beraninews.com/2016/11/Lembaga-Ini-Terbentuk-Kewenangan-MUI-Keluarkan-Sertifikat-Produk-Halal-Akan-Segera-Dicabut.html
true
2989197615663516469
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy