Dianggap Remehkan Kedatangannya, Menaker Ngamuk Sambil Teriak " Sit Down" Ke TKA China

Menaker Hanif Dhakiri sidak (Foto: Istimewa) SPIRITNKRI.COM -  Menteri Tenaga Kerja (Menaker) Hanif Dhakiri melakukan inspeksi mendada...

Menaker Hanif Dhakiri sidak (Foto: Istimewa)


SPIRITNKRI.COM - Menteri Tenaga Kerja (Menaker) Hanif Dhakiri melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke PT Huaxing, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Saat sidak, dia sempat membentak tenaga kerja asing (TKA) China yang tidak kooperatif karena terindikasi melanggar izin kerja.

Hanif melakukan sidak ke PT Huaxing di Jalan Narogong KM 20, Cileungsi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu (28/12). Di lokasi, dia menemukan belasan TKA China yang terindikasi melanggar izin kerja.

Video sidak Hanif ini diunggah oleh akun Facebook resmi Kemenaker seperti dilihat detikcom, Kamis (29/12/2016). Hanif yang mengenakan kemeja lengan panjang warna putih dipadu celana panjang warna hitam nampak bicara tegas kepada seorang pria WN China yang mengaku sebagai manajer di perusahaan tersebut.

"Saya bicara sama Anda. Anda siapa?" tegas Hanif. Pria itu nampak kebingungan saat kembali ditanya Hanif siapa namanya, jabatannya apa dan berapa jumlah pekerja di perusahaan tersebut.

Hanif pun menyuruh agar seluruh pekerja di perusahaan tersebut keluar dan menampakkan diri di hadapannya. Seorang TKA China pria yang disuruh duduk malah cuek saja berbicara lewat handphone dengan seseorang. Hanif pun marah.

"Sit down! Sit down!" bentak Hanif dengan suara yang meninggi kepada pria tersebut. Tangannya nampak mendorong pria itu agar segera duduk. Seorang staf Hanif menjelaskan kepada TKA China itu dengan bahasa Inggris bahwa pria yang memarahinya itu adalah seorang menteri yang harus dihormati.

"I told you sit down! You sit down!" hardik Hanif lagi. Dia juga menyuruh pria WN China yang mengaku manajer perusahaan itu agar duduk. Setelah para pekerja itu duduk, Hanif menanyakan soal izin kerja. Para TKA China ini nampak kesulitan berbahasa Indonesia atau pun bahasa Inggris.



PT Huaxing yang bergerak di bidang peleburan baja ini mempekerjakan 38 orang TKA asal China yang semuanya legal, yakni mengantongi izin tinggal dan izin kerja. Namun dari jumlah tersebut ditemukan 18 orang di antaranya terindikasi melakukan pelanggaran izin kerja.

"Mereka yang terindikasi pelanggaran izin kerja, dibawa ke tahanan Imigrasi untuk diperiksa oleh pengawas Ketenagakerjaan dan Imigrasi," kata Hanif sebelum meninggalkan lokasi pabrik, Rabu (28/12/16) petang.

Pelanggaran izin yang dimaksud antara lain bekerja tidak sesuai jabatannya misalnya teknisi listrik tapi menjadi marketing. Ada juga pelanggaran lokasi kerja seperti izinnya di Tangerang ternyata bekerja di Bogor. Dari hasil pemeriksaan akan diketahui, sesuai dengan pelanggarannya, apakah TKA tersebut akan dilakukan pembinaan, denda atau dideportasi. Rata-rata, TKA China tersebut sudah bekerja antara dua bulan hingga satu tahun.

"Harus menunggu hasil pemeriksaan," ujar Hanif. Dia menegaskan Indonesia merupakan negara terbuka, namun siapapun WN asing yang bekerja harus mengikuti aturan.

"Indonesia negara terbuka. Orang asing boleh bekerja. Namun harus sesuai peraturan. Jika melanggar ada sangsi bahkan dideportasi," tegas Hanif.

sumber: detik.com


Name

air asia,1,Aqidah,4,Berita,3625,Berita Pilihan,11,Break,5,Figur,3,Figure,89,Fiqih,14,Gallery,6,Harokah,2,HUMOR,1,Internasional,535,Kajian Islam,14,Kalam Salaf,1,KHILAFAH,12,Kisah,2,Kisah Hikmah,1,Kisah Wali,1,Link,1,LINTAS MADZAB,3,Manaqib Ulama,3,MUALAF,5,Muslimah,3,Nasional,9197,News,130,ngeluh,1,OPINI,455,RADIKALISME,21,Science,1,Sejarah,33,syahrini,1,TANYA JAWAB AGAMA,1,Tekno,2,Terbaru,277,TEROSISME,72,Tokoh,2,Toleran,71,Toleransi,2,Video,105,Wawasan Kebangsaan,37,WISDOM,13,
ltr
item
BERANINEWS.COM: Dianggap Remehkan Kedatangannya, Menaker Ngamuk Sambil Teriak " Sit Down" Ke TKA China
Dianggap Remehkan Kedatangannya, Menaker Ngamuk Sambil Teriak " Sit Down" Ke TKA China
https://3.bp.blogspot.com/-kV-GAANjVHk/WGTXgvMKTFI/AAAAAAAACW0/TtZFYLfyhYcKcEL_8ozMYkNffPbfmuqMgCLcB/s640/75ff59fa-bf23-4568-95cd-a6aa11c144e6_169.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-kV-GAANjVHk/WGTXgvMKTFI/AAAAAAAACW0/TtZFYLfyhYcKcEL_8ozMYkNffPbfmuqMgCLcB/s72-c/75ff59fa-bf23-4568-95cd-a6aa11c144e6_169.jpg
BERANINEWS.COM
http://www.beraninews.com/2016/12/Dianggap-Remehkan-Kedatangannya-Menaker-Ngamuk-Sambil-Teriak-Sit-Down-Ke-TKA-China.html
http://www.beraninews.com/
http://www.beraninews.com/
http://www.beraninews.com/2016/12/Dianggap-Remehkan-Kedatangannya-Menaker-Ngamuk-Sambil-Teriak-Sit-Down-Ke-TKA-China.html
true
2989197615663516469
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy