Kado Natal Obama Untuk Palestina, DK PBB Akhirnya Keluarkan Resolusi Yang Bikin Wajah Netayahu Memerah

PM Netanyahu (Foto: REUTERS/Gali Tibbon/Pool) SPIRITNKRI.COM -  Dewan Keamanan PBB menuntut Israel menghentikan pembangunan permukim...

PM Netanyahu (Foto: REUTERS/Gali Tibbon/Pool)


SPIRITNKRI.COM - Dewan Keamanan PBB menuntut Israel menghentikan pembangunan permukiman Yahudi di wilayah Palestina, setelah Amerika Serikat tidak menggunakan hak vetonya dalam voting atas resolusi yang mengecam sekutu Timur Tengah terdekat AS itu.

Dalam voting DK PBB yang digelar pada Jumat, 23 Desember waktu setempat, bukannya menggunakan hak veto seperti yang sering dilakukan selama ini, AS memilih untuk abstain.

Ini merupakan langkah yang langka dan mengejutkan dari pemerintahan Presiden Barack Obama.

Dengan abstainnya AS, maka untuk pertama kalinya sejak tahun 1979, DK PBB bisa mengadopsi resolusi yang mengecam kebijakan permukiman Israel di wilayah Palestina.

Israel Geram dan Tolak Patuhi Resolusi

Pemerintah Israel mengecam Presiden Amerika Serikat Barack Obama atas resolusi Dewan Keamanan PBB yang memerintahkan Israel menghentikan pembangunan permukiman Yahudi di wilayah Palestina. DK PBB bisa mengadopsi resolusi tersebut berkat abstainnya AS dalam voting yang digelar pada Jumat, 23 Desember waktu setempat.

Geram atas putusan tersebut, Perdana Menteri (PM) Israel Benjamin Netanyahu menyatakan tak akan mematuhi resolusi badan dunia tersebut.

"Israel menolak resolusi anti-Israel di PBB yang memalukan ini dan tak akan mematuhi ketentuan-ketentuannya," demikian statemen yang dirilis kantor PM Netanyahu seperti dilansir kantor berita AFP, Sabtu (24/12/2016).

"Pemerintahan Obama bukan hanya gagal melindungi Israel terhadap persekongkolan di PBB, tapi juga berkolusi di belakang layar," demikian disampaikan.

Dalam voting DK PBB yang digelar pada Jumat, 23 Desember waktu setempat, bukannya menggunakan hak veto seperti yang selama ini sering dilakukan, AS memilih untuk abstain. Ini merupakan langkah yang langka dan mengejutkan dari pemerintahan Obama. Dengan abstainnya AS, maka untuk pertama kalinya sejak tahun 1979, DK PBB bisa mengadopsi resolusi yang mengecam kebijakan permukiman Israel di wilayah Palestina.

Tepuk tangan para diplomat bergemuruh di ruang voting DK PBB setelah resolusi mengenai larangan pembangunan permukiman Yahudi di wilayah Palestina itu, mendapat dukungan dari semua negara anggota DK PBB.

Putusan mengejutkan ini terjadi meski sebelumnya pemerintah Israel dan didukung oleh Presiden terpilih AS Donald Trump berupaya keras untuk menggagalkan resolusi tersebut. Sebelum voting dimulai, PM Netanyahu telah mendesak AS untuk menggunakan hak vetonya guna menggagalkan resolusi.

Resolusi DK PBB tersebut menuntut "Israel segera dan menghentikan sepenuhnya semua aktivitas permukiman di wilayah pendudukan Palestina, termasuk Yerusalem timur."

Selama ini, PBB bersikeras bahwa aktivitas pembangunan permukiman Yahudi adalah ilegal. Badan dunia tersebut juga telah berulang kali menyerukan Israel untuk menghentikan aktivitas tersebut. Namun pejabat-pejabat PBB menyatakan, justru terjadi peningkatan pembangunan permukiman Yahudi dalam beberapa bulan terakhir.

Pemerintahan Obama juga telah menyatakan keberatan atas kebijakan permukiman Israel. Namun usai kemenangan Donald Trump dalam pemilihan presiden AS pada November lalu, pemerintah Israel malah menghidupkan kembali rencana untuk membangun 500 rumah baru bagi para pemukim Israel di wilayah Yerusalem timur.

sumber: detik.com


Name

air asia,1,Aqidah,4,Berita,3092,Berita Pilihan,11,Break,5,Figur,3,Figure,89,Fiqih,14,Gallery,6,Harokah,2,HUMOR,1,Internasional,525,Kajian Islam,14,Kalam Salaf,1,KHILAFAH,12,Kisah,2,Kisah Hikmah,1,Kisah Wali,1,Link,1,LINTAS MADZAB,3,Manaqib Ulama,3,MUALAF,5,Muslimah,3,Nasional,8629,News,84,ngeluh,1,OPINI,452,RADIKALISME,21,Science,1,Sejarah,33,syahrini,1,TANYA JAWAB AGAMA,1,Tekno,1,Terbaru,277,TEROSISME,72,Tokoh,2,Toleran,71,Toleransi,2,Video,105,Wawasan Kebangsaan,37,WISDOM,13,
ltr
item
BERANINEWS.COM: Kado Natal Obama Untuk Palestina, DK PBB Akhirnya Keluarkan Resolusi Yang Bikin Wajah Netayahu Memerah
Kado Natal Obama Untuk Palestina, DK PBB Akhirnya Keluarkan Resolusi Yang Bikin Wajah Netayahu Memerah
https://1.bp.blogspot.com/-JLJjRoX9DTU/WF3hjc0EznI/AAAAAAAACHI/BjfhXvEoosQ-Zf0ID3JcKbsZNcOIWjtMgCEw/s640/02f7c6e4-d4bb-4417-83aa-5ba38f4a42de_169.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-JLJjRoX9DTU/WF3hjc0EznI/AAAAAAAACHI/BjfhXvEoosQ-Zf0ID3JcKbsZNcOIWjtMgCEw/s72-c/02f7c6e4-d4bb-4417-83aa-5ba38f4a42de_169.jpg
BERANINEWS.COM
http://www.beraninews.com/2016/12/Kado-Natal-Obama-Untuk-Palestina-DK-PBB-Akhirnya-Keluarkan-Resolusi-Yang-Bikin-Wajah-Netayahu-Memerah.html
http://www.beraninews.com/
http://www.beraninews.com/
http://www.beraninews.com/2016/12/Kado-Natal-Obama-Untuk-Palestina-DK-PBB-Akhirnya-Keluarkan-Resolusi-Yang-Bikin-Wajah-Netayahu-Memerah.html
true
2989197615663516469
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy