Ini kejanggalan Yang Membuat Zain Amru Ritonga Gugat Penahanan Ahok Ke MK

BERANINEWS.COM - Selama proses penyidikan, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok tidak ditahan. Namun, ia tiba-tiba ditahan usai vonis PN Ja...



BERANINEWS.COM -Selama proses penyidikan, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok tidak ditahan. Namun, ia tiba-tiba ditahan usai vonis PN Jakut, padahal putusan itu belum berkekuatan hukum tetap. Ada yang janggal, Zain Amru Ritonga menggugat pasal terkait ke Mahkamah Konstitusi (MK).

PN Jakut menahan Ahok berdasarkan Pasal 193 ayat (2) huruf a yang menyatakan:

Pengadilan dalam menjatuhkan putusan, jika terdakwa tidak ditahan, dapat memerintahkan supaya terdakwa tersebut ditahan, apabila dipenuhi ketentuan Pasal 21 dan terdapat alasan, cukup untuk itu.

"Pasal 193 ayat (2) huruf a dinilai telah bertentangan dengan pandangan atau aliran, pikiran, nilai, jiwa, dan semangat UUD 1945 sebagaimana Pasal 28D ayat (1) dan Pasal 1 ayat (3)," kata kuasa hukum pemohon, Bonget Jhon Sihombing dalam sidang di Gedung MK, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta, Selasa (13/6/2017).

Pasal penahanan yang dikenakan ke Ahok telah menimbulkan perbedaan penafsiran atau multitafsir dan perbedaan pendapat yang luas. Dengan adanya penjatuhan putusan agar terdakwa ditahan, padahal selama persidangan tidak ditahan. 

"Maka banyak pihak yang beranggapan, terdakwa yang diputus berdasarkan Pasal 193 ayat (2) huruf a tersebut tidak boleh ditangguhkan penahanannya, walaupun masih ada proses banding. Namun, di sisi lain ada yang berpendapat masih bisa ditangguhkan penahanannya," ujar Bonget. 

Kalangan yang berpendapat tidak dapat ditangguhkan penahanannya beralasan putusan pemidanaan dan perintah penahanan harus diterima sebagai kenyataan hukum serta berkekuatan eksekutorial.

Karena sudah menjadi suatu prinsip bahwa putusan pengadilan harus dianggap benar sampai adanya putusan di atasnya yang berwenang membatalkan putusan tersebut. 

"Selain multi tafsir, kami menilai bahwa Pasal 193 ayat (2) huruf a KUHAP telah bertentangan dengan prinsip praduga tidak bersalah," ucap Bonget. 

Pemohon juga menilai penahanan Ahok di luar kelaziman. Sebab, banyak kasus serupa, tetapi PN tidak langsung menahan terdakwa.

"Dengan adanya Pasal 193 ayat (2) huruf a KUHAP membuka peluang terjadinya pelanggaran terhadap hak persamaan di muka hukum, di mana hakim pengadilan negeri secara subjektif dan dapat menahan terdakwa yang sebelumnya tidak ditahan pada saat dijatuhkannya putusan. Faktanya terdapat pembedaan atau disparitas putusan, selama ini lebih banyak hakim pengadilan negeri tidak melakukan penjatuhan putusan penahanan terhadap terdakwa yang selama proses persidangan tidak ditahan," papar Bonget.

"Namun dalam kasus Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok terdakwa ditahan pada saat penjatuhan putusan dengan dasar pertimbangan Pasal 193 ayat (2) huruf a KUHAP," pungkas pemohon.

Sidang panel pemeriksaan pendahuluan itu dipimpin hakim konstitusi Prof Saldi Isra. Sidang akan kembali dilakukan pada 3 Juli 2017 dengan agenda untuk memperbaiki permohonan. 

Sumber: detik.com




Name

air asia,1,Aqidah,4,Berita,2547,Berita Pilihan,11,Break,5,Figur,3,Figure,89,Fiqih,14,Gallery,6,Harokah,2,HUMOR,1,Internasional,517,Kajian Islam,14,Kalam Salaf,1,KHILAFAH,12,Kisah,2,Kisah Hikmah,1,Kisah Wali,1,Link,1,LINTAS MADZAB,3,Manaqib Ulama,3,MUALAF,5,Muslimah,3,Nasional,8086,News,84,ngeluh,1,OPINI,445,RADIKALISME,21,Science,1,Sejarah,33,syahrini,1,TANYA JAWAB AGAMA,1,Tekno,1,Terbaru,277,TEROSISME,72,Tokoh,2,Toleran,71,Toleransi,2,Video,105,Wawasan Kebangsaan,37,WISDOM,13,
ltr
item
BERANINEWS.COM: Ini kejanggalan Yang Membuat Zain Amru Ritonga Gugat Penahanan Ahok Ke MK
Ini kejanggalan Yang Membuat Zain Amru Ritonga Gugat Penahanan Ahok Ke MK
https://2.bp.blogspot.com/-YBsxkKu8uAg/WT-wlFwh0lI/AAAAAAAAHgg/i9fMJMR3NGcHeSxKsIAmNDpuCytPIJBcQCLcB/s640/images-7.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-YBsxkKu8uAg/WT-wlFwh0lI/AAAAAAAAHgg/i9fMJMR3NGcHeSxKsIAmNDpuCytPIJBcQCLcB/s72-c/images-7.jpg
BERANINEWS.COM
http://www.beraninews.com/2017/06/ini-kejanggalan-yang-membuat-zain-amru.html
http://www.beraninews.com/
http://www.beraninews.com/
http://www.beraninews.com/2017/06/ini-kejanggalan-yang-membuat-zain-amru.html
true
2989197615663516469
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy