Guru Muhammadiyah Ini Kritik Pihak Yang Menyebut Film "Aku Adalah Engkau Yang Lain" Lecehkan Islam

KH. Nurbani Yusuf BERANINEWS.COM -  Aku adalah kamu yang lain. Film Cerdas dan jujur. Hanya orang yang tak punya selera saja yang men...

KH. Nurbani Yusuf

BERANINEWS.COM - Aku adalah kamu yang lain. Film Cerdas dan jujur. Hanya orang yang tak punya selera saja yang menganggap itu pelecehan agama. itu adalah saya, kita dan semua .

Itulah keberagamaan yang saya pahami. Kering dan miskin humanitas. Saya menonton nya beberapa kali.

Saya menangis dan tertawa. Sedih sekaligus gembira. Sebelum istighfar kemudian. Jangan jangan selama ini saya telah banyak membuat rugi.

Suara saya yang parau membuat tidak nyaman tetangga sekitar saat membaca Al Quran. Dzikir saya yang keras mengganggu tetangga sebelah yang lagi sakit gigi. Dan entah apalagi ...

***
Kritik terhadap generasi "Ibnu Juraij". Seorang rahib ahli ibadah pada jaman nabi Musa as. Juraij yang rajin membaca kitab. Berdzikir banyak. Khusyu shalat hingga tak hirau pada panggilan ibunya. Ibunya marah mengutuk Juraij. Yang dikejar hanya kesalehan pribadi. Menghitung berapa ribu kali tasbih disebut. Berapa takbir di ucap. Berapa tahlil di goyang. Berapa tebal surban di kepala, berapa panjang jenggot dipelihara. Berapa kali Quran di khatam kan dalam sebulan. Lalu apa ... ?

Surga. Itu yang kita inginkan. Dengan membuat tetangga tak nyaman karena suara pengeras  saat membaca Quran. Dengan menutup jalan umum menganggu orang lewat kita memohon masuk surga.

Bukan Islamnya yang digugat tapi ke-Islaman kita yang dipertanyakan. Islam itu tinggi dan tak ada yang lebih darinya (Al islamu ya'lu wa la yu'la alaih). Tapi kita ? Nanti dulu.

***
Shalat di jalan menghalangi orang lewat hukumnya haram. Jangan menghalangi orang dengan alasan apapun. Itulah kenapa pada saat hendak shalat di sunah kan menaruh sutrah. Pembatas agar orang lewat tak menginjak batas sujud.

Shalat tak harus merugikan siapapun termasuk orang yang lewat karena udzur. Tentu menjadi sangat naif kita shalat di pintu masuk atau keluar masjid. Pasti orang akan terganggu tak bisa lewat. Bukan berarti shalat lebih penting ketimbang orang lewat. Tapi mendahulukan kemaslahatan jauh lebih utama ketimbang syahwat ibadah personal. Meski tak seharusnya dibandingkan maka jangan diposisikan saling berhadapan.

Menutup jalan adalah salah satu perbuatan mendatangkan laknat. Menutup jalan untuk kepentingan apapun tidak patut dan jauh dari akhlak terpuji.
Bukankah nabi kita berbudi luhur. Beliau percepat shalatnya karena ada anak kecil menangis. Beliau perpanjang rukuknyya agar masbuk kebagian rakaat. Beliau perkeras bacaan shalatnya saat tamu mengucap salam mengetuk pintu.

Dan nabi berujar : andai Juraij ahli ilmu. Dia akan penuhi panggilan ibunya. Kemudian dia teruskan shalatnya ... tapi sayang Juraij bukan ahli ilmu dia adalah abid ahli ibadah. Yang hanya mengingat dirinya hingga lupa pada suara ibunya yang memanggil karena kehabisan air ..

Aku adalah kamu yang lain. Film cerdas. Kreasi anak muda yang kritis dan mengingatkan kita agar lebih peka terhadap sekitar. Shalat dan dzikir itu penting. Memberi jalan dan kelapangan adalah mengamalkan shalat dan dzikir. Keduanya harus imbang berjalan bukan saling menafikkan.

Maturnuwun saya sudah diingatkan semoga ke depan ada karya-karya seni yang bagus lagi ... yang mengingatkan dengan cara yang lain.... dakwah cerdas di tengah kejumudan beragama.

penikmat film

Sumber: Akun Fb nurbaniyusuf

Komunitas Padhang Makhsyar


Name

air asia,1,Aqidah,4,Berita,3639,Berita Pilihan,11,Break,5,Figur,3,Figure,89,Fiqih,14,Gallery,6,Harokah,2,HUMOR,1,Internasional,535,Kajian Islam,14,Kalam Salaf,1,KHILAFAH,12,Kisah,2,Kisah Hikmah,1,Kisah Wali,1,Link,1,LINTAS MADZAB,3,Manaqib Ulama,3,MUALAF,5,Muslimah,3,Nasional,9211,News,130,ngeluh,1,OPINI,455,RADIKALISME,21,Science,1,Sejarah,33,syahrini,1,TANYA JAWAB AGAMA,1,Tekno,2,Terbaru,277,TEROSISME,72,Tokoh,2,Toleran,71,Toleransi,2,Video,105,Wawasan Kebangsaan,37,WISDOM,13,
ltr
item
BERANINEWS.COM: Guru Muhammadiyah Ini Kritik Pihak Yang Menyebut Film "Aku Adalah Engkau Yang Lain" Lecehkan Islam
Guru Muhammadiyah Ini Kritik Pihak Yang Menyebut Film "Aku Adalah Engkau Yang Lain" Lecehkan Islam
https://4.bp.blogspot.com/-DZshIf4KvkM/WVw9mtAybrI/AAAAAAAAH0s/ME14wxDFTncsfgZPEgw__JFN1DYzNXBvACLcBGAs/s640/FB_IMG_1499217270797.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-DZshIf4KvkM/WVw9mtAybrI/AAAAAAAAH0s/ME14wxDFTncsfgZPEgw__JFN1DYzNXBvACLcBGAs/s72-c/FB_IMG_1499217270797.jpg
BERANINEWS.COM
http://www.beraninews.com/2017/07/guru-muhammadiyah-ini-kritik-pihak-yang.html
http://www.beraninews.com/
http://www.beraninews.com/
http://www.beraninews.com/2017/07/guru-muhammadiyah-ini-kritik-pihak-yang.html
true
2989197615663516469
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy