Kenegarawanan PM Lee Hsien Loong Antar Perempuan Muslim Melayu Pertama Jadi Presiden Singapore

BERANINEWS.COM -   Pada pertengahan 2016 Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong menggagas sebuah perubahan konstitusi. Gagasan itu be...



BERANINEWS.COM - Pada pertengahan 2016 Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong menggagas sebuah perubahan konstitusi. Gagasan itu berangkat dari kenyataan bahwa masyarakat Singapura terdiri dari multi ras. Ada etnis China (74,1%), Melayu (13,4%), dan India (9,2%), dan lainnya 3,3%.

Nah, dalam 30 tahun terakhir Presiden Singapura selalu berasal dari etnis China dan dua periode India. PM Lee Hsien pun mengusulkan amandemen konstitusi yang memungkinkan etnis minoritas menjadi Presiden Singapura. 

"Ini (Singapura) bukan milik suku China, Melayu atau India. Semua orang memiliki tempat ini, semua orang sama. Rakyat percaya cita-cita ini dan percaya bahwa kita memiliki perkembangan untuk mencapai cita-cita itu," kata Lee dalam wawancara dengan media Singapura, 4 September 2016. 

Menurut dia, sangat penting pada suatu waktu etnis minoritas menjadi Presiden Singapura, karena seorang pemimpin bangsa mewakili seluruh rakyat di negeri Singa itu. Dalam pandangan PM Lee, presiden Singapura harus mencerminkan masyarakat inklusif dan multiras. 

"Kemudian rakyat akan melihat, Ya inilah negaraku. Seseorang seperti saya bisa menjadi pemimpin dan dapat mewakili negaranya," kata Lee seperti dikutip dari Straitstimes, edisi 4 September 2016. 

Setelah melalui perdebatan alot di parlemen, pada awal November 2016 konstitusi Singapura diubah. PM Lee menetapkan bahwa kursi presiden Singapura untuk enam tahun ke depan untuk orang keturunan Melayu. 

"Singapura akan punya presiden Melayu lagi, setelah lebih 46 tahun, sejak Presiden Pertama Encik Yusof Ishak," katanya.

Sejak perubahan konstitusi itu, lima politikus keturunan Melayu disebut menjadi calon kuat presiden Singapura. Mereka adalah Halimah Yacob (62), Abdullah Tarmugi (72), Yaacob Ibrahim (61), Masagos Zulkifli (53), serta Zainul Abidin Rasheed (68).

Halimah sendiri mengumumkan niatnya maju di Pilpres Singapura pada Minggu, 6 Agustus lalu. Sehari kemudian dia mengajukan pengunduran dirinya sebagai Ketua DPR. Sejak itu dia melalui pekan-pekan yang sibuk. Halimah bertemu dengan serikat pekerja, tokoh masyarakat hampir setiap hari. Dia berharap mendapat dukungan dari serikat pekerja yang lama dipimpinnya. 

Halimah juga aktif bertemu dan berbicara dengan organisasi-organisasi lainnya yang ada di Singapura. Termasuk organisasi melayu dan organisasi muslim. "Sangat penting bahwa saya mewakili semua rakyat Singapura, dan saya juga berharap bahwa mereka akan mendukung saya," kata dia kepada pers setempat, Senin, 7 Agustus 2017. 

Pada Senin (11/9/2017) kemarin Departemen Pemilu Singapura menyatakan hanya mengeluarkan sertifikat kelayakan kepada Halimah Yacob sebagai satu-satunya calon presiden Singapura. 

Empat nama lain dinyatakan tidak layak. Halimah Yacob, Rabu (13/9/2017) besok akan dilantik sebagai Presiden Singapura tanpa melalui pemilihan umum. Dia akan menjadi presiden perempuan muslim pertama di negari Singa. 

Istri dari seorang pengusaha, Mohammed Abdullah Alhabshee itu berjanji akan melakukan yang terbaik bagi rakyat Singapura. "Itu tidak akan berubah apakah ada pemilu atau tidak ada pemilu," tegas Halimah seperti dilansir Channel News Asia, Selasa (12/9/2017).

"Semangat dan komitmen saya untuk melayani rakyat Singapura tetap sama. Saya tetap berkomitmen penuh untuk mengabdi pada rakyat Singapura dan pada negara Singapura," imbuh Halimah yang juga tercatat sebagai perempuan pertama yang pernah memimpin DPR.

Sumber: detik.com




Name

air asia,1,Aqidah,4,Berita,3079,Berita Pilihan,11,Break,5,Figur,3,Figure,89,Fiqih,14,Gallery,6,Harokah,2,HUMOR,1,Internasional,525,Kajian Islam,14,Kalam Salaf,1,KHILAFAH,12,Kisah,2,Kisah Hikmah,1,Kisah Wali,1,Link,1,LINTAS MADZAB,3,Manaqib Ulama,3,MUALAF,5,Muslimah,3,Nasional,8616,News,84,ngeluh,1,OPINI,452,RADIKALISME,21,Science,1,Sejarah,33,syahrini,1,TANYA JAWAB AGAMA,1,Tekno,1,Terbaru,277,TEROSISME,72,Tokoh,2,Toleran,71,Toleransi,2,Video,105,Wawasan Kebangsaan,37,WISDOM,13,
ltr
item
BERANINEWS.COM: Kenegarawanan PM Lee Hsien Loong Antar Perempuan Muslim Melayu Pertama Jadi Presiden Singapore
Kenegarawanan PM Lee Hsien Loong Antar Perempuan Muslim Melayu Pertama Jadi Presiden Singapore
https://2.bp.blogspot.com/-mWvUg3iMJnU/WbfwNKvIFhI/AAAAAAAAJvg/b7DMbHytArAxI4gq0ltexzQdNFK-MCzSwCLcBGAs/s640/unnamed-14.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-mWvUg3iMJnU/WbfwNKvIFhI/AAAAAAAAJvg/b7DMbHytArAxI4gq0ltexzQdNFK-MCzSwCLcBGAs/s72-c/unnamed-14.jpg
BERANINEWS.COM
http://www.beraninews.com/2017/09/kenegarawanan-pm-lee-hsien-loong-antar.html
http://www.beraninews.com/
http://www.beraninews.com/
http://www.beraninews.com/2017/09/kenegarawanan-pm-lee-hsien-loong-antar.html
true
2989197615663516469
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy