Postingan Menohok Arie Wibowo Soal Pribumi Ini Bikin Fans Anies Kalap

Pidato pertama Anies Baswedan saat resmi dilantik menjadi Gubernur DKI Jakarta santer jadi bahan perbincangan publik.

Ari Wibowo
Ari Wibowo
BERANINEWS.COM - Pidato pertama Anies Baswedan saat resmi dilantik menjadi Gubernur DKI Jakarta santer jadi bahan perbincangan publik.

"Jakarta adalah satu dari sedikit tempat di Indonesia yang merasakan hadirnya penjajah dalam kehidupan sehari-hari selama berabad-abad lamanya. Rakyat pribumi ditindas dan dikalahkan oleh kolonialisme. Kini telah merdeka, saatnya kita jadi tuan rumah di negeri sendiri," ujar Anies dalam potongan pidatonya, Senin (16/10/2017).

Pidato Anies Baswedan tersebut dikritik sejumlah pihak karena disebut telah melanggar instruksi Presiden Republik Indonesia Nomor 26 tahun 1998 tentang menghentikan penggunaan istilah pribumi dan non pribumi.

Instruksi tersebut ditujukan untuk empat kalangan yaitu Menteri dan Pimpinan Lembaga Pemerintah Non Departemen.

Lalu untuk Pimpinan Kesekretariatan Lembaga Tertinggi/Tinggi Negara dan juga untuk Gubernur Kepala Daerah Tingkat I dan Bupati/Walikotamadya Kepala Daerah Tingkat II.

Mengacu pada instruksi tersebut, Anies masuk ke dalam poin keempat yaitu sebagai Gubernur Kepala Daerah Tingkat I.

Melansir Kompas, Gubernur DKI Jakarta ini menjelaskan, kata pribumi yang dia sampaikan dalam pidato politiknya itu terkait masa penjajahan Belanda di Indonesia, termasuk Jakarta.

Anies Baswedan tidak merujuk penggunaan kata tersebut di era sekarang.

"Oh, istilah itu (pribumi) digunakan untuk konteks pada era penjajahan karena saya menulisnya juga pada era penjajahan dulu," ujar Anies di Balai Kota DKI Jakarta, dilansir dari Kompas.com.

Anies mengatakan, Jakarta adalah kota yang paling merasakan penjajahan Belanda di Indonesia.
Sebab, penjajahan itu terjadi di Ibu Kota.

"Yang lihat Belanda jarak dekat siapa? Jakarta. Coba kita di pelosok-pelosok itu, tahu ada Belanda, tapi lihat depan mata? Enggak. Yang lihat depan mata itu kita yang di kota Jakarta," kata Anies.

Namun, ketika ditanya mengenai adanya Undang-undang dan Instruksi Presiden yang melarang penggunaan kata pribumi, Anies hanya menjawab "sudah ya..."

Rupanya, pidato Anies soal pribumi ini pun ditanggapi oleh sejumlah public figure Tanah Air.
Satu di antaranya aktor senior Ari Wibowo.

Dalam akun Instagramnya, Ari Wibowo mengunggah video yang menjelaskan ras asli Indonesia.
Video tersebut menjelaskan semua etnis Indonesia adalah imigran.

"Good morning. Yuk yang masih bicara pribumi & non-pribumi.." tulis Ari Wibowo dalam kolom caption.

Melihat unggahan Ari Wibowo ini, sontak banyak warganet yang pro dan kontra.

Banyak warganet yang menganggap postingan Ari Wibowo ini provokatif yang akan menyebabkan pembentukan opini terhadap pengguna instagram yang tak begitu paham soal isunya.

Namun, tak sedikit pula yang setuju dengan postingan Ari Wibowo ini karena masyarakat perlu mengetahui mengenai ras asli Indonesia.

@anggakurniawan82 : Tujuannya apa ya postingan ini? Mungkin tujuannya baik tapi dampaknya pasti gak sesederhana itu, pasti menimbulkan kekisruhan baru, apa tidk ingin kedamain tercipta di negri ini, maaf itu hnya pendapat saya, udah bukan saatnya lagi beradu argumen

@rahayuhandriyani : Setuju banget bung Ari Wibowo GBU.

@karimbenzs : Om kerjaan nya sekarang jadi kompor yah? Kasian jadi artis kurang laku apa?

@azis2637 : Kecemasan yg terlalu berlebihan dan di tanggapi oleh pendukung pak ahok itu jelas, nggak ada pri dan non pri, jgn cemas la , bangun negri jgn jd provokator hilangkan sakit hati brayyy

@azis2637 : Dewasalah manusia

@shanti.saleh : Jokowi jg pernah nyebut pribumi kok, cb cek media CNN 22/06/2016 dan radar banten 6 oktober 2017

@anditwinsmusic : Nice video awesome bro

@mylovely3207 : Mantap..satu nusa satu bahasa indonesia

@puterianyelir26 : Mau pribumi atau non pribumi...asal kita masih satu indonesia..yuuukk ah saling dukung sesama indonesia.




Sumber: Tribunnews.com


Name

air asia,1,Aqidah,4,Berita,3634,Berita Pilihan,11,Break,5,Figur,3,Figure,89,Fiqih,14,Gallery,6,Harokah,2,HUMOR,1,Internasional,535,Kajian Islam,14,Kalam Salaf,1,KHILAFAH,12,Kisah,2,Kisah Hikmah,1,Kisah Wali,1,Link,1,LINTAS MADZAB,3,Manaqib Ulama,3,MUALAF,5,Muslimah,3,Nasional,9206,News,130,ngeluh,1,OPINI,455,RADIKALISME,21,Science,1,Sejarah,33,syahrini,1,TANYA JAWAB AGAMA,1,Tekno,2,Terbaru,277,TEROSISME,72,Tokoh,2,Toleran,71,Toleransi,2,Video,105,Wawasan Kebangsaan,37,WISDOM,13,
ltr
item
BERANINEWS.COM: Postingan Menohok Arie Wibowo Soal Pribumi Ini Bikin Fans Anies Kalap
Postingan Menohok Arie Wibowo Soal Pribumi Ini Bikin Fans Anies Kalap
Pidato pertama Anies Baswedan saat resmi dilantik menjadi Gubernur DKI Jakarta santer jadi bahan perbincangan publik.
https://2.bp.blogspot.com/-YdIu53Tq_l4/WerNthS_AZI/AAAAAAAAKeU/QE5qEr3p9L4NChtiXQ88Nul6pXbE3fDlQCLcBGAs/s640/Ari%2BWibowo.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-YdIu53Tq_l4/WerNthS_AZI/AAAAAAAAKeU/QE5qEr3p9L4NChtiXQ88Nul6pXbE3fDlQCLcBGAs/s72-c/Ari%2BWibowo.jpg
BERANINEWS.COM
http://www.beraninews.com/2017/10/postingan-menohok-arie-wibowo-soal.html
http://www.beraninews.com/
http://www.beraninews.com/
http://www.beraninews.com/2017/10/postingan-menohok-arie-wibowo-soal.html
true
2989197615663516469
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy