Gara Gara Perintah Tegas Ahok, Beginilah Wajah Baru TPST Bantargebang Kini

BERANINEWS.COM - Pemandangan berbeda terlihat dari Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) Bantargebang. Kesan TPST Bantargebang sebag...



BERANINEWS.COM -Pemandangan berbeda terlihat dari Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) Bantargebang.

Kesan TPST Bantargebang sebagai tempat penampungan sampah dengan bau yang sangat menyengat sudah hilang.

Kompas.com yang menyambangi TPST Bantargebang, Jumat (10/11/2017), langsung disambut oleh hijaunya pohon-pohon serta warna warni taman bunga setelah memasuki gerbang depan.





Tidak ada lagi sampah berserakan yang masuk ke area jalan.

Citra TPST Bantargebang yang panas dan gersang langsung hilang melihat kondisi ini.

Meski demikian, tumpukan sampah masih terlihat di pandangan mata.

Piramida sampah

Ada yang terlihat menarik dari tumpukan sampah di TPST Bantargebang.

Di beberapa zona pengolahan sampah, terlihat gunungan sampah lebih rapi dengan bentuk piramida.



Selain kerapian, piramida ini bertujuan meminimalkan potensi longsor yang membahayakan para pekerja lepas di TPST Bantargebang.

Bentuk piramida juga sebagai proses pemasangan geomembran yang berguna untuk pembangkit listrik.

Menyusuri PTSP Bantargebang

Berjalan lebih jauh ke dalam, pekerja lepas TPST Bantargebang membuat ruang terbuka hijau berupa taman dengan beragam jenis tumbuhan.

Jenisnya mencakup pohon pepaya, mangga, jambu, serta umbi-umbian.

Di tengah taman juga terlihat beberapa pekerja lepas TPST Bantargebang yang tengah menebar berbagai jenis bibit ikan di sebuah kolam.


"Sekarang (TPST Bantargebang) lebih rapi. Ada larangan (warga) memancing juga, biasanya warga sekitar iseng mancing di sini, buang sampah sembarangan, itu kami larang. Jadi biar kolam sama kebunnya menghasilkan dulu," ucap salah satu pekerja lepas ruang hijau TPST Bantargebang Efendi.



Berjalan lebih jauh ke dalam, tepatnya di area kompos, diperlihatkan proses pembuatan pupuk organik dari sampah-sampah basah pasar di sekitar DKI Jakarta.

Pupuk ini digunakan untuk perawatan area ruang terbuka hijau.



Salah satu yang berbeda dari kunjungan Kompas.com ke TPST Bantargebang yang menampung 18 juta meter kubik sampah ini adalah bau.

Beberapa tahun lalu, bau sampah kerap sudah tercium sejak dari Jalan Raya Narogong yang berjarak 1,8 km.

Namun bau tersebut sekarang hilang. Meski bau masih terasa jika berada di dekat area sampah.



Pemandangan terkini TPST Bantargebang juga terlihat dari video yang diunggah akun Facebook Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Rabu (8/11/2017).

Dalam video tersebut terlihat tempat pengelolaan sampah DKI Jakarta ini menjadi lebih hijau dengan pembuatan taman serta manajemen sampah yang lebih rapi.

Perubahan ini terjadi sejak pengelolaan dilakukan oleh DInas Kebersihan DKI Jakarta pada September 2016.

Kelola Sampah Sendiri, Ahok Kirim Alat Berat ke Bantargebang

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sudah mulai mengelola sendiri sampah di Tempat Pengelolaan Sampah Terpadu (TPST) Bantargebang, Bekasi.

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengatakan, alat berat sudah berada di lokasi.

"Kemarin sudah masuk alat berat semuanya kok. Kami sudah kirim semua alat berat baru," kata Ahok, sapaan Basuki, di Balai Kota, Jakarta, Kamis (21/7/16).

Dengan dikelolanya Bantargebang oleh Pemprov sendiri, maka biaya yang dikeluarkan menurut Ahok bisa lebih murah.

Selisihnya bisa mencapai 70 persen jika dibandingkan pengelolaan diserahkan ke swasta seperti beberapa waktu lalu.

Dengan mengelola sendiri, Pemprov DKI Jakarta bisa menambah jumlah penerima dana kompensasi. Semula kompenasasi diberikan pada 15 ribu kepala keluarga, saat ini menjadi 18 ribu kepala keluarga.

Jumlah dana kompensasi juga akan ditambah dari Rp300 ribu per tiga bulan menjadi Rp500 ribu per tiga bulan. Ahok juga akan memberikan fasilitas BPJS bagi sekitar 6 ribu pemulung Bantargebang.

Para pekerja TPST Bantar gebang juga akan diangkat menjadi petugas harian lepas di Dinas Kebersihan DKI Jakarta dengan standar gaji memadai.

Sebelum dikelola sendiri, sampah di Bantergebang dikelola oleh dua perusahaan swasta, PT Godang Tua Jaya (GTJ) yang bekerja sama PT Navigat Organic Energy Indonesia (NOEI).

Namun kerja sama dengan swasta itu diputuskan untuk diakhiri karena dinilai ada kewajiban dalam perjanjian yang tidak dipenuhi.

"Isi pengakhiran perjanjian tersebut pada pokoknya memberitahukan bahwa GTJ bersama NOEI telah gagal memenuhi kewajiban-kewajibannya dalam perjanjian," kata Kepala Dinas Kebersihan DKI Jakarta Isnawa Adji.

Isnawa menuturkan, GTJ bersama NOEI sudah diperingatkan dengan memberikan surat peringatan pertama hingga ketiga.

Berdasarkan hasil audit, PT GTJ terbukti melakukan perbuatan mencerai janji.

Pemprov DKI Jakarta sudah mengucurkan Rp400 miliar per tahunnya kepada PT GTJ, namun perusahaan tersebut tak kunjung membangun mesin pengelolaan sampah.

PT GTJ diberi waktu 60 hari untuk mengosongkan TPST Bantargebang dan menyerahkan aset kepada Pemprov DKI Jakarta.



Sumber: kompas.com dan cnnindonesia.com


Name

air asia,1,Aqidah,4,Berita,3634,Berita Pilihan,11,Break,5,Figur,3,Figure,89,Fiqih,14,Gallery,6,Harokah,2,HUMOR,1,Internasional,535,Kajian Islam,14,Kalam Salaf,1,KHILAFAH,12,Kisah,2,Kisah Hikmah,1,Kisah Wali,1,Link,1,LINTAS MADZAB,3,Manaqib Ulama,3,MUALAF,5,Muslimah,3,Nasional,9206,News,130,ngeluh,1,OPINI,455,RADIKALISME,21,Science,1,Sejarah,33,syahrini,1,TANYA JAWAB AGAMA,1,Tekno,2,Terbaru,277,TEROSISME,72,Tokoh,2,Toleran,71,Toleransi,2,Video,105,Wawasan Kebangsaan,37,WISDOM,13,
ltr
item
BERANINEWS.COM: Gara Gara Perintah Tegas Ahok, Beginilah Wajah Baru TPST Bantargebang Kini
Gara Gara Perintah Tegas Ahok, Beginilah Wajah Baru TPST Bantargebang Kini
https://1.bp.blogspot.com/-yH2JaXKhcU0/WgaXdspaQNI/AAAAAAAALnc/nleB55Wao0ADU91A_WrRtKjuKKAzL8xiQCLcBGAs/s640/3544036299.jpeg
https://1.bp.blogspot.com/-yH2JaXKhcU0/WgaXdspaQNI/AAAAAAAALnc/nleB55Wao0ADU91A_WrRtKjuKKAzL8xiQCLcBGAs/s72-c/3544036299.jpeg
BERANINEWS.COM
http://www.beraninews.com/2017/11/gara-gara-perintah-tegas-ahok-beginilah.html
http://www.beraninews.com/
http://www.beraninews.com/
http://www.beraninews.com/2017/11/gara-gara-perintah-tegas-ahok-beginilah.html
true
2989197615663516469
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy