Inilah Tampang Ke 4 Admin Grup WA The Family MCA Yang Ditangkap Polisi, Salah Seorang Diantaranya Berprofesi Sebagai PNS

BERANINEWS.COM -  Kepala Subdirektorat I Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri Kombes Irwan Anwar mengatakan, penangkapan lima ...



BERANINEWS.COM - Kepala Subdirektorat I Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri Kombes Irwan Anwar mengatakan, penangkapan lima anggota grup WhatsApp "The Family MCA (Muslim Cyber Army)" bukan yang pertama kalinya.

Sebelumnya, polisi juga sudah menangkap beberapa anggota lain kelompok tersebut.

"Sudah ada 14 orang lah. Anggota MCA ini kan ada ratusan ribu, tapi kita tangkap yang biangnya saja," kata Irwan saat dihubungi, Selasa (27/2/2018).

Irwan mengatakan, admin grup WhatsApp itu ada enam orang.

Sementara satu admin lagi diketahui masih berada di luar negeri.

Namun, Irwan belum mengungkap motif para pelaku menyebarkan isu-isu yang memprovokasi masyarakat itu.

"Nanti kami dalami dulu, tersangka baru sampai," kata Irwan.

MCA tak hanya membuat jaringan di aplikasi WhatsApp.

Mereka juga menggunakan media sosial lain dengan nama berbeda, namun tetap berkaitan dengan nama MCA.

Sebelumnya, Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri bersama Direktorat Keamanan Khusus Badan Intelijen Keamanan mengungkap sindikat penyebar isu-isu provokatif di media sosial.

Adapun kelima tersangka yang ditangkap, yaitu ML di Tanjung Priok, RSD di Pangkal Pinang, RS di Bali, Yus di Sumedang, dan RC di Palu.

Mereka tergabung dalam grup WhatsApp "The Family MCA".

Konten-konten yang disebarkan pelaku meliputi isu kebangkitan Partai Komunis Indonesia, penculikan ulama dan mencemarkan nama baik presiden, pemerintah, hingga tokoh-tokoh tertentu.

Tak hanya itu, pelaku juga menyebarkan konten berisi virus pada orang atau kelompok lawan yang berakibat dapat merusak perangkat elektronik bagi penerima.

Terungkap! Anggota The Family MCA Sebagai PNS di Kota Ini

Direktorat Cyber Crime Bareskrim Polri bersama Direktorat Keamanan Khusus Badan Intelejen Keamanan (Dit Kamsus BIK) berhasil mengamankan 4 orang kelompok inti penyebar ujaran kebencian Muslin Cyber Army (MCA) yang tergabung dalam Whatsapp Group 'The Family MCA'.

Fakta mengejutkan turut terungkap. Menurut keterangan Ditlrektur Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri, Brigjen Pol Fadil Imran, salah satu tersangka yang berhasil diamankan merupakan seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS).

"Tersangka RSD (pekerjaan) PNS," ungkap Fadil dalam keterangan tertulis, Selasa (27/2).

Pria kelahiran Manggar, Balikpapan Tahun 1983 ini diketahui beralamat di Kecamatan Gabeg, Kota Pangkal Pinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Fadil mengatakan tersangka RSD diamankan saat petugas menggelar operasi serentak pada Senin (26/2). Tersangka ini diamankan langsung di Pangkal Pinang, sekitar pukul 09:15 WIB.

"Pada pukul 09.15 WIB telah dilaksanakan penangkapan di Pangkal Pinang, Kepulauan Bangka Belitung," lanjut Fadil.

Dari tersangka ini petugas berhasil mengamankan beberapa barang bukti. "Satu buah Laptop merk Deel, satu Buah flasdisk merk Sandisk," pungkas Fadil.

Sebelumnya, DSR bersama 3 tersangka lain berhasil diamankan oleh petugas. Mereka merupakan kelompok inti grup whatsapp The Family MCA. Kelompok ini kerap kali menyebarkan berita bohong atau hoax.

Isu provokatif yang sering disebar sendiri seperti gosip kebangkitan Partai Komunis Indonesia (PKI), penyerangan kepada tokoh ulama, penghinaan terhadap Presiden, pemerintah atau tokoh-tokoh tertentu.

Selain itu mereka juga kerap kali menyebar virus yang dapat merusak perangkat elektronik penerima virus. Tindakan ini biasanya ditujukan untuk para lawan-lawan mereka.

Polisi Buru Anggota Grup Muslim Cyber Army yang Berada di Luar Negeri

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Pol Mohammad Iqbal mengatakan, anggota grup Muslim Cyber Army (MCA) tak hanya berasal dari Indonesia.

Grup yang menyebarkan isu-isu provokatif itu juga memiliki anggota yang bekerja di luar negeri. Iqbal mengatakan, penyidik tengah mengembangkan ke anggota lainnya, termasuk yang di luar negeri.

"Ada satu tersangka yang sudah kita kejar, tidak di Indonesia. Tim sudah bergerak untuk itu," ujar Iqbal di kompleks Mabes Polri, Jakarta, Selasa (28/2/2018).

Iqbal membenarkan bahwa salah satu anggota grup MCA tengah berada di Korea Selatan.

Namun, Iqbal enggan menyebutkan berapa anggota grup tersebut yang berada di luar negeri.

Ia memastikan, Polri akan mengejar siapapun yang terlibat dalam penyebar ujaran kebencian, SARA, dan hoaks oleh kelompok tersebut.

"Apalagi menjelang tahun politik, kami akan mengejar siapapun yang ada di belakang ini," kata Iqbal.

sumber: kompas.com & jawapos.com


Name

air asia,1,Aqidah,4,Berita,5707,Berita Pilihan,11,Break,5,Figur,3,Figure,89,Fiqih,14,Gallery,6,Harokah,2,HUMOR,2,Internasional,557,Kajian Islam,14,Kalam Salaf,1,KHILAFAH,12,Kisah,2,Kisah Hikmah,1,Kisah Wali,1,Link,1,LINTAS MADZAB,3,Manaqib Ulama,3,MUALAF,5,Muslimah,3,Nasional,11257,News,130,ngeluh,1,OPINI,461,RADIKALISME,21,Science,1,Sejarah,33,syahrini,1,TANYA JAWAB AGAMA,1,Tekno,2,Terbaru,277,TEROSISME,72,Tokoh,2,Toleran,71,Toleransi,2,Video,105,Wawasan Kebangsaan,37,WISDOM,13,
ltr
item
BERANINEWS.COM: Inilah Tampang Ke 4 Admin Grup WA The Family MCA Yang Ditangkap Polisi, Salah Seorang Diantaranya Berprofesi Sebagai PNS
Inilah Tampang Ke 4 Admin Grup WA The Family MCA Yang Ditangkap Polisi, Salah Seorang Diantaranya Berprofesi Sebagai PNS
https://3.bp.blogspot.com/-FQSeajbZHcY/WpUgyx6jtNI/AAAAAAAAN3E/KbUXjEDrsYwoAOpZW4S2wyRTmIZx2gDBwCLcBGAs/s640/28467919_10204241075543228_4816281168265605762_n.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-FQSeajbZHcY/WpUgyx6jtNI/AAAAAAAAN3E/KbUXjEDrsYwoAOpZW4S2wyRTmIZx2gDBwCLcBGAs/s72-c/28467919_10204241075543228_4816281168265605762_n.jpg
BERANINEWS.COM
https://www.beraninews.com/2018/02/inilah-tampang-ke-4-admin-grup-whatsapp.html
https://www.beraninews.com/
https://www.beraninews.com/
https://www.beraninews.com/2018/02/inilah-tampang-ke-4-admin-grup-whatsapp.html
true
2989197615663516469
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy