3 Kampus Ini Sengaja Diawasi Serius Oleh BIN, Alasannya Sungguh Tak Terduga

BERANINEWS.COM -  Tiga universitas saat ini sedang diawasi badan intelijen negara (BIN) karena berpotensi menjadi basis penyebaran radik...



BERANINEWS.COM - Tiga universitas saat ini sedang diawasi badan intelijen negara (BIN) karena berpotensi menjadi basis penyebaran radikalisme.

Kampus mana saja yang jadi sasaran pengawasan?

Pengawasan khusus terhadap tiga kampus itu diungkapkan oleh Kepala BIN Jenderal Budi Gunawan dalam ceramah umum di hadapan BEM PTNU se-Indonesia.

Budi memaparkan 24 persen mahasiswa setuju dengan tegaknya negara Islam di Indonesia.

"Ini bisa mengancam Negara Kesatuan Republik Indonesia yang kita cintai ini. 39 persen mahasiswa terpapar paham radikal. Ada 15 provinsi yang jadi perhatian kita dan terus amati pergerakannya," kata Budi di kampus Unwahas, Semarang Sabtu (28/4/2018).

"Ada 3 perguruan tinggi yang sangat jadi perhatian kita karena kondisinya bisa jadi basis penyebaran paham radikal," lanjutnya.

Namun Budi tak mau menyebutkan secara gamblang kampus mana saja yang berpotensi menjadi basis penyebaran radikalisme itu. Dia mengatakan, mahasiswa menjadi target paham radikal oleh para teroris.

Kepolosan menjadi salah satu alasan para teroris mencuci otak para mahasiswa.

"Kampus jadi lingkungan menjanjikan bagi pengusung paham radikal dan menjadikan mahasiswa sebagai target brain wash dengan manfaatkan kepolosan mahasiswa," terangnya.

BIN: 3 Universitas Diawasi Khusus Terkait Penyebaran Radikalisme

Badan Intelejen Negara (BIN) mengungkap 39 persen mahasiswa di Indonesia sudah terpapar paham radikal.

Bahkan 3 universitas menjadi perhatian khusus karena bisa menjadi basis penyebaran paham radikal.

Hal itu diungkapkan Kepala BIN, Budi Gunawan, saat menjadi pembicara dalam ceramah umum Kepala BIN kepada BEM PTNU se-Indonesia di kampus Unwahas, Semarang. Budi menjelaskan dari riset BIN tahun 2017 diketahui 24 persen mahasiswa dan 23,3 persen pelajar SMA sederajat setuju dengan tegaknya negara Islam di Indonesia.

"Ini bisa mengancam Negara Kesatuan Republik Indonesia yang kita cintai ini," kata Budi Gunawan, Sabtu (28/4/2018).

Selanjutnya ia menjelaskan, dari survei BIN tahun 2017 diketahui pula 39 persen mahasiswa di Indonesia sudah terpapar paham radikal.

"39 persen mahasiswa terpapar paham radikal. Ada 15 provinsi yang jadi perhatian kita dan terus amati pergerakannya," tandas Budi.

Ia juga mengungkap ada 3 universitas yang menjadi sorotan BIN karena berpotensi menjadi basis penyebaran paham radikal. Meski demikian Budi tidak menjelakan ada di mana universitas itu.

"Ada 3 perguruan tinggi yang sangat jadi perhatian kita karena kondisinya bisa jadi basis penyebaran paham radikal," tegasnya.

Mahasiswa, lanjut Budi, memang sering dijadikan target penyebaran paham radikal oleh pelaku-pelaku terorisme. Mereka jadi target cuci otak kemudian dicekoki pemahaman-pemahaman teroris.

"Kampus jadi lingkungan menjanjikan bagi pengusung paham radikal dan menjadikan mahasiswa sebagai target brain wash dengan manfaatkan kepolosoan mahasiswa," terangnya.

Salah satu mahasiswa yang terjebak dalam paham itu dan menjadi teroris yaitu Bahrun Naim. Budi menjelaskan Bahrun Naim mulai melibatkan diri dengan paham radikal ketika menjadi mahasiswa di Surakarta atau Solo dan sekitarnya.

"Contoh Bahrun Naim, pemuda yang melibatkan diri dengan radikalisme sejak kuliah. Kondisi ini tentu menegaskan kampus menjadi target kelompok radikal untuk ekspansi ide, ideologi, brain wash," pungkasnya.

Oleh sebab itu ia berharap para mahasiswa harus mampu mencegah pemahaman radikal agar tidak mempengaruhi mereka. Mahasiswa harus paham mana yang baik dan buruk.

"Saya harap, teman-teman mahasiswa mampu pilahkan mana baik dan buruk," katanya.

sumber: detik.com



Name

air asia,1,Aqidah,4,Berita,5669,Berita Pilihan,11,Break,5,Figur,3,Figure,89,Fiqih,14,Gallery,6,Harokah,2,HUMOR,2,Internasional,556,Kajian Islam,14,Kalam Salaf,1,KHILAFAH,12,Kisah,2,Kisah Hikmah,1,Kisah Wali,1,Link,1,LINTAS MADZAB,3,Manaqib Ulama,3,MUALAF,5,Muslimah,3,Nasional,11220,News,130,ngeluh,1,OPINI,461,RADIKALISME,21,Science,1,Sejarah,33,syahrini,1,TANYA JAWAB AGAMA,1,Tekno,2,Terbaru,277,TEROSISME,72,Tokoh,2,Toleran,71,Toleransi,2,Video,105,Wawasan Kebangsaan,37,WISDOM,13,
ltr
item
BERANINEWS.COM: 3 Kampus Ini Sengaja Diawasi Serius Oleh BIN, Alasannya Sungguh Tak Terduga
3 Kampus Ini Sengaja Diawasi Serius Oleh BIN, Alasannya Sungguh Tak Terduga
https://1.bp.blogspot.com/-jKXiWr1w5Ew/WuVgokXcmCI/AAAAAAAAPLs/57-_zR8vItMx9eaoURrOhTjHpJ32pytOACLcBGAs/s640/9373fd5c-1e33-4a79-849b-a262edbee095_43.jpeg
https://1.bp.blogspot.com/-jKXiWr1w5Ew/WuVgokXcmCI/AAAAAAAAPLs/57-_zR8vItMx9eaoURrOhTjHpJ32pytOACLcBGAs/s72-c/9373fd5c-1e33-4a79-849b-a262edbee095_43.jpeg
BERANINEWS.COM
https://www.beraninews.com/2018/04/3-kampus-ini-sengaja-diawasi-serius.html
https://www.beraninews.com/
https://www.beraninews.com/
https://www.beraninews.com/2018/04/3-kampus-ini-sengaja-diawasi-serius.html
true
2989197615663516469
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy