Misteri Kedekatan Gatot N Dengan Si Naga 9 Tomy Winata Akhirnya Terbongkar

BERANINEWS.COM -  Majalah Tempo: Gatot Nurmantyo dan Tomy Winata Bersahabat Dekat Mengingat Gatot Nurmantyo sekarang digadang-gadang u...



BERANINEWS.COM - Majalah Tempo: Gatot Nurmantyo dan Tomy Winata Bersahabat Dekat

Mengingat Gatot Nurmantyo sekarang digadang-gadang untuk menjadi salah satu calon presiden atau wakil presiden, ada baiknya kita membaca laporan yang diambil dari majalah Tempo terbaru ini.

Di tulisan ini, terungkap bahwa Gatot sangat dekat dengan Tommy Winata.

Mudah-mudahan bermanfaat...

MAJALAH TEMPO-LAPORAN UTAMA
MINGGU, 1 APRIL 2018

Kawan Seiring Sepenanggungan

KETIKA tengah menceritakan riwayat hidupnya sejak lulus Akademi Militer di Magelang, Jawa Tengah, pada 1982, Gatot Nurmantyo tanpa sungkan mengungkap sahabat paling dekat dalam hidupnya yang 58 tahun: Tomy Winata. "Persahabatan saya dengan dia melebihi yang lain," katanya di kantor Tempo pada Selasa pekan lalu.

Keduanya dipertemukan Edi Sudrajat. Saat itu, Gatot baru enam bulan lulus dari Magelang dan ia menjadi ajudan Edi, yang ketika itu menjabat Panglima Komando Daerah Militer III Siliwangi. Edi membawa seorang anak muda Tionghoa, yang diperkenalkan sebagai orang yang tengah merintis usaha, kepada Gatot.

Dialah Tomy Winata. Usianya 25 tahun ketika itu. Ke mana-mana naik sepeda motor, Tomy berjualan bahan bangunan dan mengerjakan pelbagai proyek tentara. "Ini Tomy, saya akan didik," ujar Edi, yang meninggal pada 2006, seperti dituturkan Gatot. Edi terkesan pada Tomy yang konsisten membela teman.

Di awal menjadi ajudan, Gatot mengira ia hanya menemani ke mana Edi pergi. Sekali waktu, Edi melihat ada tumpukan kertas di meja kerjanya. Edi bertanya apa kertas-kertas itu. Gatot menjawab tak tahu. Edi membentak sembari melempar kertas-kertas itu. "Ajudan macam apa kamu?" katanya.

Kali lain, Edi melempar tumpukan koran di meja rumahnya. Dari dua kejadian itu, Gatot paham, ia harus membaca semua surat untuk Edi dan menyortirnya, surat mana saja yang penting dan tak penting. Ia harus membaca koran dan membuatkan resume berita yang harus diketahui dan dibaca Edi.

Gatot mengakui Edi sebagai salah satu orang yang paling berpengaruh dalam hidupnya. Ketika dites kewaspadaan, Gatot sudah siap. Edi tiba-tiba masuk ke kamar tidurnya menodongkan pistol. Gatot tidur dengan pistol tergeletak di meja kamar berjarak serengkuhan. "Bagaimana bisa melindungi saya kalau caranya seperti ini?" ujar Edi.

"Di sini ada senjata otomatis, Pak," kata Gatot, tetap berbaring, seraya membuka piamanya. Di sana, tangan kanannya memegang popor sebuah senapan serbu. Edi tersenyum melihat cara ajudannya itu.

Tomy Winata, sementara itu, punya bisnis kian moncer. Ketika Edi menjadi Kepala Staf TNI Angkatan Darat, pada 1988, Tomy membeli saham Bank Propelat. Semula, bank ini hanya dimiliki Yayasan Kartika Eka Paksi, yang berada di bawah TNI Angkatan Darat. Bank inilah yang menjadi cikal-bakal Bank Artha Graha, lini utama bisnis Tomy.

Beberapa bulan setelah mengakuisisi Bank Propelat, Tomy mengambil alih saham PT Jakarta International Development, yang mengelola Hotel Borobudur. Untuk transaksi ini, Tomy kembali berkolaborasi dengan Yayasan Kartika Eka Paksi. Empat tahun kemudian, kolaborasi keduanya berekspansi dengan membeli sebuah lahan di kawasan Jalan Jenderal Sudirman.

Tomy mengubahnya menjadi Sudirman Central Business District, kawasan perniagaan elite di Jakarta hari ini. Riset Ernst & Young, seperti dikutip Human Rights Watch, menaksir nilai aset kawasan tersebut beserta pengembangannya saat dibeli mencapai US$ 3 juta ketika itu. Belakangan, kolaborasi Yayasan Kartika Eka Paksi dan Tomy merambah ke berbagai lini bisnis lain, seperti kehutanan, konstruksi, perumahan, pabrik, jasa, dan pertambangan.

Dalam sebuah wawancara dengan Tempo pada 1999, Tomy mengakui bisnisnya banyak ditopang tentara. Namun ia mengatakan kerja sama tersebut dilakukan secara resmi dan lewat tender. Tomy mengaku sudah berbisnis dengan TNI Angkatan Darat sejak 1970-an. "Dengan Yayasan Kartika Eka Paksi baru pada 1985," ujarnya.

Persinggungan Gatot dengan Tomy terjadi saat Bank Artha Graha hendak mengakuisisi Bank Arta Prima. Pada 1997, Tomy membeli 35 ribu lembar saham bank itu dengan harga Rp 1 per lembar. Setelah diakuisisi Tomy, bank itu berubah nama menjadi Bank Artha Pratama. Menurut Gatot, dia banyak terlibat dalam proses merger karena saat itu menjabat Komisaris Utama Bank Artha Graha. "Sehingga saya tahu seluk-beluknya," kata Gatot.

Gatot mengatakan sama sekali tidak risi membuka persahabatan dengan Tomy, pengusaha Tionghoa yang acap dihubungkan dengan bisnis gelap di Jakarta. Tomy bahkan selalu dikaitkan dengan "Naga Sembilan", kelompok pengusaha Tionghoa yang menguasai bisnis gelap di Indonesia. "Saya tidak pernah menengadahkan tangan kepada dia," ujarnya.

Kedekatan Gatot dengan Tomy dibenarkan Desmond Junaidi Mahesa, pengacara Tomy yang kini menjadi politikus Partai Gerindra. "Mereka berdua memang dekat sejak dulu," tutur Wakil Ketua Komisi Hukum Dewan Perwakilan Rakyat ini. Karena kedekatan itulah, kata Desmond, Tomy acap mengundang Gatot ke acara perusahaannya.

Pada 10 Juni 2017, Tomy mengundang Gatot melepasliarkan seekor anak harimau bernama Mulli di Tambling Wildlife Nature Conservation di Pesisir Barat, Lampung. Tambling adalah hutan konservasi yang dimiliki dan dikembangkan Tomy. "Kehadiran Pak Gatot di sana sebagai kawan saya," ujar Tomy kepada Tempo pada Kamis pekan lalu.

Tak ayal, persahabatan ini menimbulkan spekulasi bahwa Tomy salah satu penopang finansial Gatot dalam pemilihan presiden nanti. Itu pula sebabnya Mayor Jenderal Kivlan Zen menyebutkan Gatot punya logistik yang lebih banyak daripada Jenderal Prabowo Subianto.

Apalagi, kepada sejumlah orang dekatnya, Tomy pernah mengatakan bersedia membantu Gatot dengan cara apa saja jika mantan Panglima TNI ini menjadi calon presiden. Tomy tak menjawab ketika dimintai konfirmasi soal janjinya ini.

Gatot mengatakan belum mendengar secara langsung Tomy Winata berjanji membantunya jika ia menjadi calon presiden, apalagi sampai ada rumor Tomy siap menjual rumahnya. "Saya tahu siapa dia," ujarnya. "Orang paling konsisten dalam berteman."

Wayan Agus Purnomo

Sumber: Tempo.co / (Dikutip dari tulisan FB Ade Armando)


Name

air asia,1,Aqidah,4,Berita,5694,Berita Pilihan,11,Break,5,Figur,3,Figure,89,Fiqih,14,Gallery,6,Harokah,2,HUMOR,2,Internasional,557,Kajian Islam,14,Kalam Salaf,1,KHILAFAH,12,Kisah,2,Kisah Hikmah,1,Kisah Wali,1,Link,1,LINTAS MADZAB,3,Manaqib Ulama,3,MUALAF,5,Muslimah,3,Nasional,11244,News,130,ngeluh,1,OPINI,461,RADIKALISME,21,Science,1,Sejarah,33,syahrini,1,TANYA JAWAB AGAMA,1,Tekno,2,Terbaru,277,TEROSISME,72,Tokoh,2,Toleran,71,Toleransi,2,Video,105,Wawasan Kebangsaan,37,WISDOM,13,
ltr
item
BERANINEWS.COM: Misteri Kedekatan Gatot N Dengan Si Naga 9 Tomy Winata Akhirnya Terbongkar
Misteri Kedekatan Gatot N Dengan Si Naga 9 Tomy Winata Akhirnya Terbongkar
https://1.bp.blogspot.com/-2K4QN2Cg0mA/WsGteHqu1cI/AAAAAAAAONk/ggJpdf7e6Y4SROzGzulG-R7zi-3SqK9ywCLcBGAs/s640/unnamed-46.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-2K4QN2Cg0mA/WsGteHqu1cI/AAAAAAAAONk/ggJpdf7e6Y4SROzGzulG-R7zi-3SqK9ywCLcBGAs/s72-c/unnamed-46.jpg
BERANINEWS.COM
https://www.beraninews.com/2018/04/misteri-kedekatan-gatot-n-dengan-si.html
https://www.beraninews.com/
https://www.beraninews.com/
https://www.beraninews.com/2018/04/misteri-kedekatan-gatot-n-dengan-si.html
true
2989197615663516469
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy