Fadli Zon Bersuara Keras Atas Insiden Rusuh Di Rutan Mako Brimob, Ahok Yang Jadi Sasaran Tembaknya

BERANINEWS.COM -  Wakil Ketua DPR Fadli Zon menyoroti kasus kerusuhan dan penyanderaan oleh para napi teroris di Rutan Mako Brimob. Kasu...



BERANINEWS.COM - Wakil Ketua DPR Fadli Zon menyoroti kasus kerusuhan dan penyanderaan oleh para napi teroris di Rutan Mako Brimob. Kasus ini, menurutnya, jadi catatan hitam bagi Polri.

Pernyataan tersebut disampaikan Fadli lewat cuitannya di Twitter, Kamis (10/5/2018) sore. Fadli mengawali kritiknya dengan menyampaikan belasungkawa kepada keluarga lima polisi yang gugur saat disandera para napi teroris.

"Saya turut berbelasungkawa atas gugurnya lima personel kepolisian kita dalam tragedi kerusuhan di rutan Mako Brimob. Semoga keluarga yang ditinggalkan diberikan kesabaran dan ketabahan," tulisnya.

Fadli mengatakan insiden ini harus diselidiki penyebabnya secara serius. Dia berharap Polri dan jajarannya dapat lebih waspada agar peristiwa serupa tidak terulang.

Di sisi lain, Fadli mengkritisi insiden pembunuhan dan penyanderaan di Rutan Negara Cabang Salemba yang berada di kompleks Mako Brimob ini. Pembunuhan dan penyanderaan oleh napi teroris di dalam markas satuan elite Polri, menurutnya, seharusnya bisa ditangani cepat.

"Insiden pembunuhan dan penyanderaan di rutan Mako Brimob, yang berjalan kurang lebih 36 jam, patut kita sesalkan bersama. Sebab, insiden ini terjadi di markas komando pasukan khusus Kepolisian Indonesia," tulis Fadli.

"Ini pertama kali dalam sejarah Indonesia ada pembunuhan dan penyanderaan di lingkungan Mako Brimob sehingga tewas 5 personel Brimob," sambungnya.

Menurut Fadli, area rutan di Mako Brimob ini seharusnya memiliki tingkat pengamanan tinggi dan penjagaan yang ketat. Insiden ini, menurutnya, jelas menandakan ada masalah. Karena itu, penyebab kerusuhan ini harus diselidiki secara serius.

Fadli mengapresiasi keberhasilan Polri menangani situasi ini, apalagi sandera terakhir, Bripka Iwan Sarjana, bisa dibebaskan dalam kondisi selamat. Namun, ujarnya, ada beberapa catatan penting untuk dievaluasi.

"Pertama, terkait transparansi informasi. Awalnya pihak Kepolisian menyatakan situasi terkendali. Setidaknya hingga Rabu pagi dinyatakan situasi sudah dapat ditangani. Namun ternyata hingga Kamis pagi, rutan Mako Brimob masih dikuasai tahanan bersenjata api laras panjang. Ketidaktransparanan ini sangat disesalkan," kritik Fadli.

"Ironisnya, bahkan ada aparat yang masih disandera. Informasi ini pun awalnya tak jelas. Begitupun dengan kesimpangsiuran lima korban tewas dari aparat kita, yang terkesan ditutup-tutupi," sambungnya.

Semestinya, lanjut Fadli, karena lokasi kejadian berada di Mako Brimob, penanganan situasi bisa lebih cepat. "Ini menjadi catatan hitam bagi kepolisian, peristiwa serupa tak boleh terulang kembali," tegasnya.

Ditambahkan Fadli, sistem pemasyarakatan bagi napi di rutan di Mako Brimob baik, napi teroris maupun umum harus dievaluasi. Hal lain yang perlu mendapat perhatian adalah pemanfaatan Mako Brimob sebagai cabang dari Rutan Salemba.

Menurut Fadli, sebaiknya semua napi yang sudah mendapatkan putusan pengadilan masuk lapas yang ada, misalnya Lapas Cipinang atau Salemba.

"Dulu Ahok ditempatkan di Rutan Mako Brimob karena dianggap aman, kini kenyataannya tak demikian. Masyarakat juga bertanya di mana posisi Ahok ketika insiden ini terjadi. Perlu transparansi agar tak ada kecurigaan," kata Wakil Ketua Umum Partai Gerindra ini.

Insiden di Rutan Mako Brimob, ditegaskan Fadli, harus menjadi refleksi penting bagi semua pihak. Wajib diselidiki awal mula kejadian dan kronologinya. Jika ada kelalaian atau prosedur yang salah, perlu ada sanksi dan tindakan. Dia berharap kasus serupa tidak terulang.

sumber: detik.com


Name

air asia,1,Aqidah,4,Berita,5204,Berita Pilihan,11,Break,5,Figur,3,Figure,89,Fiqih,14,Gallery,6,Harokah,2,HUMOR,2,Internasional,555,Kajian Islam,14,Kalam Salaf,1,KHILAFAH,12,Kisah,2,Kisah Hikmah,1,Kisah Wali,1,Link,1,LINTAS MADZAB,3,Manaqib Ulama,3,MUALAF,5,Muslimah,3,Nasional,10754,News,130,ngeluh,1,OPINI,460,RADIKALISME,21,Science,1,Sejarah,33,syahrini,1,TANYA JAWAB AGAMA,1,Tekno,2,Terbaru,277,TEROSISME,72,Tokoh,2,Toleran,71,Toleransi,2,Video,105,Wawasan Kebangsaan,37,WISDOM,13,
ltr
item
BERANINEWS.COM: Fadli Zon Bersuara Keras Atas Insiden Rusuh Di Rutan Mako Brimob, Ahok Yang Jadi Sasaran Tembaknya
Fadli Zon Bersuara Keras Atas Insiden Rusuh Di Rutan Mako Brimob, Ahok Yang Jadi Sasaran Tembaknya
https://1.bp.blogspot.com/-cv8LH8N6XK4/WvRE1Y2qmjI/AAAAAAAAPqg/6G3nYtejmuAa8e9yXw6lJOr1QQS1p5ewACLcBGAs/s640/ahok-dan-fadli-zon_20170512_234540.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-cv8LH8N6XK4/WvRE1Y2qmjI/AAAAAAAAPqg/6G3nYtejmuAa8e9yXw6lJOr1QQS1p5ewACLcBGAs/s72-c/ahok-dan-fadli-zon_20170512_234540.jpg
BERANINEWS.COM
https://www.beraninews.com/2018/05/fadli-zon-bersuara-keras-atas-insiden.html
https://www.beraninews.com/
https://www.beraninews.com/
https://www.beraninews.com/2018/05/fadli-zon-bersuara-keras-atas-insiden.html
true
2989197615663516469
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy